Singgah ke Pasar Tomohon, Jokowi geli diminta cicip tikus bakar -->

Header Menu

Singgah ke Pasar Tomohon, Jokowi geli diminta cicip tikus bakar

Dr. Rizna Nyctagina
Saturday 10 May 2014

Tikus Bakar

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, mengisi akhir pekannya kali ini terbang ke Sulawesi Utara. Agenda kunjungannya kali ini masih sama dengan sebelumnya, melakukan kampanye politik jelang Pilpres Juli mendatang.

Di Manado, pria yang akrab disapa Jokowi itu menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Beriman di Tomohon, Sulawesi Utara. Seperti diketahui, di pasar ini para pedagang menjajakan kuliner ekstrem seperti tikus bakar.

Saat berada di pasar tersebut, Jokowi sempat berbincang dengan pedagang dan menanyakan apa yang dijajakannya.

"Ini apa?," tanya Jokowi ke seorang penjual tikus bakar, Sabtu (10/5).

"Tikus bakar pak," jawab penjual bernama Lena.

Sontak Jokowi langsung mengangkat bahunya saat mendapat jawaban dari Lena. Selanjutnya, pria yang kemeja putih lengan panjang itu langsung berseru "Hiiii.."

Walaupun agak aneh mendengar tikus di makan, dia sempat menanyakan harganya.

"Tikusnya Rp 20.000," kata Lena.

"Ini enak dimakan? tanya Jokowi.

"Enak pak. Mau beli," tawar bu Lena.

Mendapati tawaran itu, Jokowi yang sempat memegang tikus yang ditancapkan di bambu lantas meletakkannya kembali. Ia lalu menolak secara halus dengan mengangkat kedua telapak tangannya di depan dada sambil tersenyum.

Sekadar diketahui, tikus dijajakan merupakan tikus kebun atau sering ditemukan memanjat pohon. Menurut Lena, cara menangkapnya dengan menembak atau menggunakan perangkap.

Jokowi bersama rombongan tiba di Pasar Tomohon sekitar pukul 09.30 WIT. Seperti biasanya, kedatangan Jokowi langsung disambut gembira pada pedagang dan warga yang sedang berbelanja.